UPT Pengembangan Karir

Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Tuesday, 21 May 2024

UPTP Karir Selenggarakan Workshop Karir, Disambut Antusias 400 Mahasiswa

Lowongan | 25 Mei 2023 22:46 wib Purwokerto- UPTP Karir UIN SAIZU Purwokerto sukses menggelar workshop karir pada Kamis (25/5) di auditorium utama UIN SAIZU Purwokerto. Mengusung tema Siapkan Karirmu, Siapkan Masa Depanmu, bertujuan untuk membekali generasi muda UIN Saizu dalam menghadapi dunia kerja guna meraih kesuksesan karir di masa depan. Lokakarya yang menghadirkan dua pembicara luar biasa; Eka Safitri, M.Pd.I dan Nunik Lestari K.,SH,S.Pd., pemilik Decokoreto diikuti 400 mahasiswa UIN Saizu.
Dibuka oleh Prof . dr. Sulkhan Chakim selaku Wakil Rektor 3 UIN Saizu, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Dipandu oleh moderator yang luar biasa, Luki Zenico. 

Materi pertama disampaikan oleh Eka Safitri M.Pd.I.dengan suasana yang menyenangkan dengan mengajak seluruh hadirin untuk berkomunikasi Eka Safitri memberikan pemahaman tentang pengenalan dunia kerja.

alur pengembangan UMKM. Eka Safitri mengatakan alur pengembangan UKM dimulai dari penyusunan business plan yang tepat, business plan yang dibuat harus sesuai dengan passion yang dimiliki. Kemudian memiliki standar operasional prosedur, melakukan segmentasi pasar dengan melihat seberapa besar segmentasi pasar dan produk yang akan dibuat. Jangan lupa manfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis dan sarana pemasaran yang sangat menjanjikan. Kemudian didukung dengan peningkatan kapasitas teknologi informasi untuk mengembangkan UMKM.


Selain itu untuk menentukan inovasi produk yang akan diperkenalkan ke pasar dan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Eka Safitri mengatakan setidaknya ada kategori dasar dalam inovasi produk. Yang pertama adalah perluasan inti produk yang memperkenalkan produk yang relatif baru ke pasar tetapi tidak baru bagi perusahaan. Kemudian yang kedua adalah produk Me to i, yaitu produk yang relatif baru bagi perusahaan namun sudah dikenal masyarakat. Kemudian yang terakhir adalah new to the world yaitu produk yang benar-benar baru bagi perusahaan dan baru bagi pelanggan.

Diperluas untuk memberikan pengetahuan tentang izin kerja UMK risiko rendah dan menengah-rendah bagi individu.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi yang tak kalah menarik oleh Nunik Lestari selaku pemilik Dechokoreto. Menghadirkan kreativitas dalam dunia kerja dimana kreativitas adalah satu persen inspirasi dan 99% kerja keras.
Dengan memberikan motivasi dengan cerita yang menarik kepada seluruh penonton, membuat penonton semakin semangat dalam belajar untuk memulai karirnya. 
Jangan pernah takut membuka usaha karena banyak orang yang membutuhkan lowongan kerja, ujarnya di akhir pemaparan materi.

Rangkaian acara kemudian ditutup dengan pengenalan sertifikasi dan pentingnya dalam karir oleh tim LSP.
Dilihat 585 kali
Link