UPT Pengembangan Karir

Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Sunday, 28 Apr 2024

Buat Kalian Bingung Mau Punya Usaha Tapi Bingung Memulai Usaha Dari Mana ?

Berita Umum | 09 Mei 2023 11:54 wib

Memulai usaha bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, namun juga bukan hal yang sulit, asalkan kita giat dan bersungguh-sungguh. Sering kali banyak dari kita yang bingung ketika ingin memulai bisnis, banyak pertanyaan yang muncul di kepala kita, mulai dari mana? Apa yang ingin kamu lakukan? Apakah modal ini tidak cukup untuk mengembangkan bisnis? Bagaimana jika Anda kalah?

Di era digital saat ini, peluang untuk membuka usaha sangatlah besar, melalui media sosial anda dapat dengan mudah mengunggah usaha anda berupa produk atau jasa. Gary Vaynerchuk, pendiri Vayner Media, menyarankan untuk memanfaatkan media sosial untuk membangun merek bisnis dan terus beradaptasi dengan perubahan tren dan teknologi.

Banyak dari kita yang takut rugi saat memulai bisnis. Nah, dari situ kita sebagai pemula bisnis membutuhkan strategi sebagai langkah awal dalam memulai bisnis. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu Anda dalam memulai bisnis:

1. Temukan ide bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda

Mulailah dengan mengetahui minat dan keterampilan Anda. Pilihlah sesuatu yang Anda sukai dan memiliki keterampilan yang cukup untuk dijadikan dasar dalam memulai usaha. Misalnya A memiliki passion atau minat memasak, maka usaha yang dapat dikembangkan adalah usaha makanan. Dengan adanya kesesuaian antara keahlian dan minat akan memberikan kesenangan dalam menjalankan bisnis

2. Buat rencana bisnis yang baik

Setelah menemukan ide bisnis yang cocok, buatlah rencana bisnis yang baik. Rencana bisnis ini memuat visi, misi, strategi, target pasar, dan analisis keuangan. Perlu diperhatikan dengan matang, komunikasi yang baik antara Anda dengan mitra yang akan diajak untuk mengembangkan bisnis.

3. Temukan informasi dan riset pasar

Lakukan riset pasar tentang potensi bisnis yang ingin Anda jalankan. Temukan informasi tentang target pasar, persaingan, tren bisnis, dan potensi keuntungan. Selain itu, wilayah juga menentukan bagaimana bisnis Anda bisa bertahan. Contoh: Anda membuka usaha di daerah pegunungan yang udaranya dingin, dan produk yang Anda jual adalah aneka es batu segar. Kurangnya kesesuaian kawasan dengan potensi bisnis akan menyebabkan penurunan minat pembeli.

4. Tentukan modal kerja

Tentukan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Membuat perkiraan biaya untuk produksi, pemasaran, dan operasi. Juga membuat pembukuan uang keluar dan masuk. Dengan pembukuan awal yang baik maka bisnis akan berjalan dengan lancar.

5. Mulailah memasarkan produk atau jasa

Setelah semua persiapan selesai, mulailah memasarkan produk atau jasa Anda dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Di era digital saat ini, pemasaran produk sangat dimudahkan baik dari segi online maupun real life.

 

Ingatlah bahwa memulai bisnis membutuhkan banyak waktu, energi, dan komitmen. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai bisnis. Semoga beruntung!

Dilihat 576 kali
Link